Jumat, 28 Agustus 2009

JAWABAN MANAJEMEN RESIKO DAN ASURANSI ( SOAL A)

MANAJEMEN RESIKO DAN ASURANSI A

1. Definisi Reasuransi dan Retrosesi ?

Reasuransi adalah istilah yang digunakan saat satu perusahaan asuransi melindungi dirinya terhadap resiko asuransi dengan memanfaatkan jasa dari perusahaan asuransi lain. Terdapat banyak alasan yang menyebabkan perusahaan asuransi melakukan reasuransi. Pembagian resiko adalah salah satu alasan reasuransi. Cdalam definisi lain reasuransi adalah Penyebaran risiko dimana perusahaan asuransi melimpahkan sebagian risikonya kepada perusahan reasuransi.

Dalam asuransi, Reasuransi Adalah mekanisme pertanggungan yang

dilakukan secara bertingkat atas suatu obyek asuransi

Retrosesi adalah Pelimpahan risiko dari perusahaan reasuransi kepada perusahaan reasuransi lain.

2. Perbedaan reasuransi dan retrosesi

Perebedaan yang sangat signifikan dalam reasuransi dan retrosesi adalah , reasuransi melakukan pelimpahan resiko perusahaan suransi dirinya kepada perusahaan lain , kalau retrosesi melakukan pelimpahan resiko perusahaan reasuransi kepada reasuransi. Dalam hal ini, reasuransi objeknya adalah perusahaan asuransi namun retrosesi yang dijadikan obvjek baik yang dijadikan yang asuransi maupun perusahaan adalah perusahaan reasuransi.

3. Mekanisme Kerja Reasuransi

Mekanisme kerja Reasuransi dan Retrosesi memperhatikan beberapa prinsip diantaranya adalah :

  1. memperbesar kapasitas akseptasi
  2. menciptakan stabilitas keuangan
  3. meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan rasa ketentraman hati
  4. memberikan perlindungan atas risiko katastopis
  5. melakukan penyebaran resiko
  6. memenuhi peraturan perundangan

Mekanisme Reasuransi


Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa pihak-pihak yang berinteraksi dalam perjanjian Reasuransi adalah Penanggung dan Penanggung Ulang. Adakalanya, dibutuhkan bantuan pihak Perantara.

Proses Reasuransi berjalan seiring proses Asuransi yang dijalankan pihak Penanggung. Maka secara tidak langsung, pihak Tertanggung-pun terlibat di alur proses Reasuransi. Namun perlu diperhatikan bahwa antara Tertanggung dan Penanggung Ulang, tidak terdapat hubungan legal. Sehingga Tertanggung tidak dapat menuntut langsung ke Reasuradur untuk pembayaran ganti rugi.

Tertanggung yang mempunyai exposure terhadap risiko atas harta benda, liability atau jiwa raganya, melimpahkan risikonya kepada pihak Penanggung (Asuradur). Proses ini bisa berjalan secara langsung (direct), maupun tidak langsung (indirect) yang melibatkan fungsi intermediary (bisa berupa agen atau Broker Asuransi).

Risiko yang sudah dilimpahkan oleh Tertanggung tadi, diterima sepenuhnya oleh Asuradur, tentunya atas kompensai imbal jasa (premi Asuransi). Untuk kemudian bagaimana perlakuan terhadap risiko tersebut, Tertanggung tidak tahu menahu dan tidak mempunyai relevansi untuk mengetahui. Bilamana kemudian terjadi kerugian atas harta bendanya, Tertanggung hanya akan berurusan dengan Asuradur (atau melalui Agen / Broker bila menggunakan jasanya).

Pada kondisi yang sama, Asuradur yang menerima pelimpahan risiko dari nasabahnya, melakukan pengelolaan risiko (risk management) dengan baik. Tidak selamanya Asuradur mempunyai kemampuan menanggung sendiri risiko tersebut. Bisa saja karena nilai risiko yang terlalu besar, atau karena Terms & Conditions yang tidak sesuai dengan kebijakan underwritingnya.

Bagian dari risk management tersebut adalah kontrol terhadap risiko, yaitu berupa menahan sendiri (risk retain) dan mengalihkan risiko (risk transfer). Asuradur menahan sebagian risiko menjadi Retensinya sendiri sedangkan sebagian risikonya dialihkan ke pihak lain. Inilah salah satu sebab Asuradur membutuhkan Reasuransi.

Dalam hal ini Asuradur yang tadinya bertindak sebagai penanggung, kini berlaku sebagai Tertanggung bagi perusahaan Reasuradur.

Secara prinsip, mekanisme Reasuransi adalah sama dengan mekanisme Asuransi. Segala prinsip dan prosedur yang berlaku pada Asuransi, juga berlaku untuk Reasuransi.

4. Proses Hubungan proses dalam asuransi baik reasuransi maupun retrosesi.

Hubungan dalam proses asuransi diantaranya :

  1. Hubungan si tertanggung dengan perusahaan asuransi

Hubungan antara perusahaan asuransi dengan tertanggung bersifat langsung (direct) sedangkan tertanggung tidak mempunyai hubungan langsung dengan reinsurer.

  1. Hubungan antara perusahaan dengan perusahaan.

Hubungan tersebutbisa merupakan hubungan langsung dan timbale balik(reciprocity)

5. Profil perusahaan Reasuransi .

1. Perusahaan Reasuransi REINDO

Profile ReINDO


PT. Reasuransi Internasional Indonesia, biasa disingkat ReINDO merupakan perusahaan milik negara Republik Indonesia yang didirikan pada tanggal 12 November 1996,dan efektif beroperasi mulai tanggal 1 Januari 1997.

Dalam kurun delapan tahun usia perusahaan, ReINDO telah berhasil menempatkan titik utama layanan perusahaan pada produk reasuransi konvensional maupun syariah baik reasuransi jiwa, kesehatan, maupun reasuransi umum.

ReINDO dengan segenap jajarannya telah mempersiapkan diri untuk suatu fondasi yang kuat dalam menghadapi era perdagangan bebas, saat ini ReINDO memiliki tenaga ahli asuransi dan strata pendidikan sebanyak

Tenaga Ahli

ACII

FLMI

CPLHI

AAI-J

AAAI-J

AAI-K

AAAI-K

FIIS

ASAI

AIIS

FSAI

AMII

Setara AAIK

AK

QIA

ACS

CPFS

ARA

AFSI

WMI

UND

Pengadaan Barang & Jasa

8

1

1

7

39

6

11

0

4

12

0

2

3

9

7

2

3

1

2

2

1

1

Jumlah

122

Strata Pendidikan

Karyawan Tetap

Karyawan Honorer

Sarjana Strata 2

Sarjana Strata 1

Sarjana Muda

SMA

SMP

SD

25

111

13

16

0

1

Sub Jumlah

166

Sarjana Strata 2

Sarjana Strata 1

Sarjana Muda

SMA

SMP

SD

0

16

11

4

0

0

Sub Jumlah

31

Total Jumlah Karyawan

197

ReINDO akan terus melakukan ekspansi pasar secara berkesinambungan dengan menerapkan pertimbangan ketat dan prinsip kehati-hatian dalam bidang underwriting. Dengan demikian, ekspansi pasar di dalam dan luar negeri tetap dijalankan pada jalur yang terkontrol sejalan dengan kemampuan teknis dan administrasi perusahaan.

2. Perusahaan Retrosesi

PT AIA Financial

Company Facts

Company Name :

PT AIA Financial

Industry :

Insurance

Type of Company :

Public Limited Company, Local Based Company

Location :

Menara Matahari 6th Floor Jl Bulevar Palem Raya No 7 Lippo Karawaci 15811

*The company prefers to receive online application for speedier processing.

WebSite :

http://www.aig-life.co.id


View Company News


Jobs Posted by Company


More Information

History

AIG LIPPO AIG Lippo merupakan perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia, bagian dari American International Group (AIG) Inc., dengan pangsa pasar bisnis baru individu sebesar 34 persen, total pendapatan premi Rp 1,9 triliun, dan total aset di atas Rp 4,2 triliun (Laporan Keuangan per 31 Desember 2003 - audited). AIG Lippo, dengan modal dasar disetor terbesar di industri asuransi Indonesia, menjadi pelopor sekaligus pelaku bisnis bancassurance paling dominan. Batas Tingkat Solvabilitas Minimum (Risk Based Capital, RBC) AIG Lippo sebesar 210 persen pada Desember 2003 (audited). Pencapaian ini melebihi batas solvabilitas minimum yang disyaratkan oleh Pemerintah sebesar 120 persen pada akhir 2004. Pelayanan AIG Lippo meliputi lebih 70 kota di seluruh Indonesia. AIG Lippo sudah menerapkan sistem manajemen mutu internasional ISO 9001 versi 2000. Alamat situs AIG Lippo: www.aig-lippo.com AMERICAN INTERNATIONAL GROUP, INC. (AIG) AIG (American International Group, Inc.) didirikan pada tahun 1919 dengan total aset sebesar 678 miliar dollar AS (Desember 2003). AIG merupakan organisasi lembaga asuransi keuangan dan jasa keuangan internasional terkemuka yang beroperasi di lebih dari 130 negara dan yurisdiksi di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan di bawah AIG melayani nasabah perusahaan, individu, maupun kelompok melalui jaringan asuransi jiwa dan asuransi kerugian yang paling luas di seluruh dunia. Di Amerika, perusahaan-perusahaan di bawah AIG merupakan penyeleksi risiko dari asuransi industri dan perdagangan terbesar, dan AIG American General merupakan penanggung asuransi jiwa papan atas. Bisnis global AIG meliputi jasa keuangan, dana pensiun, dan pengelolaan aset. Saham AIG terdaftar di bursa saham New York, London, Tokyo, Paris dan Swiss. Alamat situs AIG: www.aig.com


Product and Services

MAPAN adalah sebuah solusi dalam bentuk perlindungan asuransi yang dikemas dalam bentuk tabungan dengan menyediakan proteksi asuransi bagi karyawan perusahaan sekaligus memberikan kesempatan menabung untuk masa depan. HEALTHGUARD merupakan penyedia dana kesehatan Anda sekeluarga di saat darurat. Mulai dari Santunan Tunai Harian, Santunan Pasca Rawat Inap, Santunan Pembedahan hingga Santunan Penyakit Kritis untuk melindungi Anda sekeluarga, dimanapun dan kapanpun dengan pasti. SAHABAT merupakan penyedia dana kesehatan Anda sekeluarga di saat darurat. Mulai dari Santunan Tunai Harian, Santunan Pasca Rawat Inap, Santunan Pembedahan hingga Santunan Penyakit Kritis untuk melindungi Anda sekeluarga, dimanapun dan kapanpun dengan pasti. Setiap orang memiliki kebutuhan dan impian yang sangat pribadi. Di era yang semakin modern ini, memiliki investasi menjadi dambaan setiap orang. Kami membantu mewujudkan impian anda dengan menghadirkan Produk AKTIVA® PAYOR WAIVER Wujud Nyata Kasih Sayang Anda. Keceriaan dan tawa si kecil adalah kebahagiaan orang tua. Namun setiap keluarga dapat mengalami berbagai risiko tak terduga yang terjadi kapan saja dan di mana saja. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) AIG menyediakan program pensiun yang dapat memuaskan kebutuhan anda. American International Group, Inc (AIG) dengan aset lebih dari 678 milyar USD* telah memungkinkan kami untuk menjadi penyedia perencanaan pensiun yang terdepan dan berpengaruh di Indonesia.


Other Information

PT AIG LIFE telah membayar klaim Individual Life Rp 2,59 miliar untuk 222 kasus, Group Life Rp 18,89 juta, dan Group Health Rp 438,11 juta pada November 2004.

4 komentar:

  1. Diantos UAS Pengganggaranna

    BalasHapus
  2. Urgent Yehhhhhh...... Kagak Ngarti gw Pengganggaran yang ini........... parah Mr Ikin

    BalasHapus
  3. beuhhhhhhhhhhhhhhhhhhh.....mantap...cing...

    BalasHapus