Kamis, 05 November 2009

UTS teori pengambilan keputusan

UTS TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PROGRAM STUDI MANAJEMEN 2009
DOSEN : Rofi Rofaida S.IP.MM

UJIAN TENGAH SEMESTER TAHUN 2009

TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Hari/tanggal : Senin, 2 NOVEMBER 2009

Sifat Ujian : Take home test

BAGIAN A

1. Mengapa pengambilan keputusan merupakan proses yang sangat sulit?? Bagaimana Teori Pengambilan Keputusan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut?(SKOR 15)

2. Pengambilan keputusan adalah proses yang selalu dan harus dilakukan oleh setiap individu baik keputusan pribadi atau keputusan yang memberikan side effect terhadap pihak lain (perusahaan atau organisasi). Pengambilan keputusan yang dilakukan lebih banyak bersifat environmental pulled decision making daripada achievement pulled decision making. Menurut anda mengapa hal tersebut terjadi? Bedakan karakteristik kedua jenis pengambilan keputusan ini didasarkan pada proses/alur pengambilan keputusannya! (SKOR 15)

BAGIAN B

1. Perusahaan Telekomunikasi “XECELINDO” memiliki rencana untuk memberikan fasilitas berupa mobil dinas kepada karyawan level manager pada seluruh kantor cabang di Indonesia. Terdapat 4 pilihan yaitu : HONDA, TOYOTA, MITSUBISHI, DAN SUZUKI. Pemilihan didasarkan pada : tingkat harga, kualitas, perawatan, purna jual, dan model. Gunakan AHP untuk menentukan merk yang akan dipilih! (SKOR 35)

2. PEPSI COLA COMPANY harus memilih salah satu dari tiga pilihan produk yaitu NEW PEPSI COLA, ZERO PEPSI COLA, dan TEENAGER PEPSI COLA yang akan diluncurkan pada awal tahun 2010. Hasil observasi menunjukkan bahwa :

a) NEW PEPSI COLA bebas resiko, jika diluncurkan perusahaan akan memperoleh keuntungan 1 Milyar dollar

b) ZERO PEPSI COLA sedikit beresiko. Jika penjualan tinggi perusahaan akan memperoleh keuntungan 8 milyar dollar, jika penjualan sedang keuntungan 4 milyar dollar, jika penjualan rendah perusahaan hanya mampu menutupi biaya produksi saja. Peluang dari kemungkinan tingkat penjualan adalah :

P(penjualan tinggi) = 0,5

P(penjualan sedang) = 0,12

P(penjualan rendah) = 0,38

c) TEENAGER PEPSI COLA merupakan produk beresiko. Saat ini perusahaan dihadapkan pada masalah yaitu terjadinya kerusakan pada mesin produksi TEENAGER PEPSI COLA. Teknisi menyatakan bahwa kerusakan tersebut dapat diperbaiki, namun terdapat kemungkinan kecil (yaitu 5%) bahwa perbaikan tersebut akan memakan waktu lama dan menyebabkan delay/keterlambatan dalam peluncuran produk. Isu lain yang muncul adalah berkaitan dengan penetapan harga. Terdapat dua pilihan harga yaitu harga tinggi atau rendah. Harga tersebut tidak boleh ditetapkan sampai produk selesai dibuat dan siap diluncurkan. Setelah diluncurkan perusahaan dihadapkan pada 3 kemungkinan tingkat penjualan yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Peluang dari berbagai kemungkinan di atas dapat dilihat pada table di bawah ini .

Skenario

Harga

Penjualan tinggi

Penjualan sedang

Penjualan rendah

Peluang

Keuntungan (milyar dollar)

Peluang

Keuntungan

(milyar dollar)

Peluang

Keuntungan (milyar dollar)

Delay

Tinggi

0,2

5

0,2

3

0,6

-0,5

Rendah

0,5

3,5

0,2

2,5

0,3

1

NoDelay

Tinggi

0,4

8

0,2

4

0,4

0

rendah

0,5

4,5

0,2

3,5

0,3

1,5

Gunakan Decision Tree untuk menentukan produk mana yang akan diluncurkan pada awal tahun 2010, jelaskan argumentasi anda! (SKOR 35)

CATATAN :

LEMBAR JAWABAN DAN TUGAS DIKUMPULKAN PADA :

HARI : KAMIS,13 NOVEMBER 2009

PUKUL : 10.00

TEMPAT : PROGRAM STUDI MANAJEMEN

BAGI MAHASISWA YANG TIDAK MENGUMPULKAN PADA WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN DIANGGAP TIDAK MENGIKUTI UTS.


1 komentar: