Rabu, 21 Oktober 2009

METODOLOGI PENELITIAN YANG BARU


METODOLOGI PENELITIAN

By : Ahyar Suhendar


( Tolong judul jangan disamain ya )

MASALAH :

Masalah adalah kesenjangan antara realita dengan harapan ( any situation where a gap exist between the actual and the desired ideal state” ( Uma sekaran, 2000: 67)

MASALAH Di Bidang Pemasaran (MARKETING) :

1. Tingginya tingkat kepadatan iklan ( televisi ) dan banyaknya jumlah iklan yang ditonton oleh masyarakat

2. Cost Promotion meningkat

3. Strategy Steath Marketing kurang direspon oleh customer

4. Volume penjualan menurun

5. Loyalitas customer menurun

6. Market Share Menurun

7. Segmentasi Pasar terlalu luas

8. Positioning Produk kurang kuat

9. Targeting Market tidak terlayani

10. Perilaku dan Keputusan Pembelian melalui Stimulus discount menurun 5 %

11. Strategi Reposisi Brand dalam Persaingan Pasar tidak tercapai

12. Diferensiasi Produk tidak variatif

13. Strategi Word Of Mouth kurang meningkatkan volume penjualan

14. Media Promosi Iklan kurang diminati karena masuknya Relationship Marketing

15. Strategy Low budget high impact tidak aplikatif terhadap core business perusahaan

16. High tech menyebabkan high cost

17. High Tech Promotion Cost meningkat

18. Strategy Mind Share Target market tidak terlayani

19. Mapping Strategy tidak relevan dengan market share

20. Frekuency Customer meningkat namun sales rate menurun.

21. Stategy Place perusahaan kurang strategis

22. Strategy Superior Competitive Advantage Value terhambat cost promotion.

MASALAH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

1. Hubungan dan Kondisi kerja Kurang Harmonis

2. Motivasi Pegawai menurun

3. Pengembangan Soft Skill karyawan tidak efisien

4. Analisa Jabatan tidak efektif dan efisien terhadap pekerjaan yang harus dilaksanakan.

5. Biaya Procurement ( pengadaan) pegawai tinggi

6. Seleksi Karyawan tidak efisien

7. Collective Bargaining tidak tercapai

8. Konflik kerja meningkat

9. Semangat kerja dan loyalitas karyawan menurun

10. Labour Turnover meningkat

11. Tingkat kemangkiran pegawai dan turnover meningkat

12. Lingkungan dan suasana kerja kurang harmonis

13. Kuliatas Karyawan menurun

14. Pemberian intensif tidak meningkatkan kesejahteraan karyawan

15. Extership karyawan tidak efisien

16. Mielting Glass terhadap posisi wanita di suatu perusahaan tidak aplikatif

17. Fungsi Administrasi dalam pengembangan SDM tidak efisien

18. Produktivitas kerja karyawan menurun

19. Loyalitas karyawan menurun

20. Tingkat disiplin karyawan menurun

MASALAH MANAJEMEN OPERASI

1. Tingkat peramalan produksi tidak kurang relevan

2. Biaya Produksi tinggi

3. Kualitas Produk dan system produksi menurun

4. Tingkat Antrian dan waktu menunggu tinggi]

5. Waktu pengantaran dan pemprosesan lama

6. Tingkat persediaan ( inventory ) meningkat

7. Aliran proses kerja yang tidak lancar.

8. urutan – urutan pengerjaan atau tata letak tempat kerja tidak teratur

9. Luas produksi yang terlalu kecil

10. Jumlah pegawai yang dipekerjakan terlalu banyak

11. Fasilitas produksi yang ketinggalan jaman

12. Lokasi Bahan Baku dan Material berjauhan

13. Susunan layout tidak tepat

14. Kapasitas maksimum fasilitas produksi tinggi

15. biaya subkontrak dan overtime tinggi

16. Produksi tidak konstan

17. Pemilihan bahan baku dan bahan pembantu yang tepat

18. Mutu dan Produk menurun

19. Biaya Penyimpanan tinggi

20. Manajemen Proyek perusahaan kurang efisien

MASALAH KEUANGAN ( FINANCE)

1. Harga Saham terlalu fluktuatif

2. Sistem Penjamin Simpanan dan resiko yang tidak transparan

3. Resiko Spekulatif saham yang tinggi

4. Laba usaha kecil

5. Kebutuhan anggaran (Fiscal Needs) dan kapasitas anggaran ( fiscak capacity ) tidak seimbang

6. Pengelolaan dana perusahaan tidak efisien

7. Deviden yang dibagikan oleh perusahaan tidak sesuai

8. Strategy memaksimumkan laba dan nilai perusahaan tidak tercapai

9. Nilai uang di masa yang akan dating dengan tingkat bunga tertentu menurun dari tahun sebelumnya

10. Perhitungan Premi Asuransi tidak sesuai dengan besaran yang sebelumnya telah di jadwalkan

11. Rasio Likuiditas Rendah

12. Rasio Return on Assets perusahaan rendah

13. Kondisi aktiva dan pasiva perusahaan tidak seimbang

14. Kewajiban perusahaan lebih tinggi daripada aktiva perusahaan

15. Nilai saham perusahaan menurun

16. Jumlah uang yang beredar di masyarakat tinggi

17. Revaluasi Nilai Rupiah rendah

18. Tingkat inflasi tinggi

19. Rasio cadangan kas perusahaan lebih kecil dengan kewajiban yang harus di bayarkan

20. Strategi Activity Based Costing kurang menekan total biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.

MASALAH SISTEM INFORMASI MANAJEMEN :

1. Komponen Input Sistem Informasi Manajemen mengambat proses output

2. Sistem Informasi Pemasaran perusahaan tidak terakses oleh Costumer

3. Biaya tinggi Perangkat M.Y.O.B dalam system informasi akuntansi

4. Rendahnya fungsi system pengamanan dan pengendalian terhadap system informasi

5. Sistem Informasi berbasis computer menggunakan teknologi memerlukan biaya tinggi

6. Meningkatnya Sistem Informasi berbasis IT tidak diikuti oleh kemampuan pengguna

7. Kurang pahamnya para spesialis bidang informasi tentang bisnis dan peran manajemen

8. Kurangnya kemampuan pengguna dalam mengoperasian computer dalam system informasi berbasis IT

9. Supply informasi dalam komponen input kurang memadai

10. Sistem Informasi berbasis IT memberikan informasi secara parsial

11. Sistem Informasi Manajemen berbasis IT bergantung pada sumber daya listrik

12. Akses External sering terhambat oleh koneksi Internet yang fluktuatif

13. Penerapan OA (Office Automation) menghambat komunikasi dan peningkatan produktivitas diantara para manajer dan pekerja kantor

14. Sistem informasi Akuntansi pemecahan minimal

15. Konfigurasi EIS berbasis computer pada dasarnya meliputi satu computer personal

16. Sponsor Operasi system Informasi eksekutif fluktuatif dalam pengelolaan database

17. Permintaan informasi tidak tersedia dalam SI

18.  Permintaan untuk perubahan program mengalami kenaikan
19.  Keluaran (throughput) sistem informasi mengalami penurunan
20.  Tumpukan pemasukan data mengalami kenaikan
21.  Waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kesalahan program mengalami kenaikan
22.   System downtime.
23.   Menumpuknya rekord-rekord 

Konsep

Konsep adalah istilah yang dibentuk melalui generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat digunakan untuk menggambarkan fenomena yang sama .

Konsep Pemasaran (MARKETING) :

1. Produk, tempat, harga dan promosi adalah bauran pemasaran

2. Iklan, pamphlet, brosur dan internet adalah media promosi

3. Shareholder, pegawai perusahaan adalah bagian dari stakeholder perusahaan

4. Penjualan dilakukan dengan cara menawarkan barang dan jasa kepada konsumen

5. Strategy pemasaran yang biasanya dilakukan adalah segmentasi, targeting dan positioning yang biasa dilakukan oleh perusahaan.

6. Strategy word of mouth adalah salah satu jenis strategy yang terdapat dalam blue ocean strategy

7. Biaya promosi merupakan dari total uang yang dikeluarkan untuk promosi

8. Merek dan atribibut produk merupakan bagian dari produk

9. Loyalitas merupakan salah satu sikap dari konsumen terhadap produk yang ditawarkan

10. Stealth Marketing meruapakan salah satu nama lain dari Word of mouth

Konsep MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA :

1. Procurement terdiri atas rekruitmen, seleksi dan pengadaan pegawai

2. Pelatihan memberikan manfaat skill bagi para pegawai

3. Motivasi kerja karyawan meruapakan acuan dalam penilaian prestasi

4. Stress kerja adalah sesuatu yang sering terjadi di lingkungan kerja

5. Perputaran pekerja ( turnover ) merupakan tindakan yang sering dilakukan oleh pihak perusahaan untuk memindahkan karyawan di satu perusahaan kepada yang lain

6. Pengembangan karyawan diantaranya pelatihan baik on the job training atau vestibule ataupun dengan jenis pengembangan yang lainnya

7. Insentif dapat berupa gaji atau tunjangan lain yang diberikan sebagai salah satu feed back terhadap kinerja karyawan

8. Ketidakdisiplinan karyawan ditandai dengan tingkat absensi tinggi

9. Wawancara adalah salah satu cara seleksi

10. Pegawai adalah asset perusahaan

Konsep MANAJEMEN OPERASI :

1. Layout dilakukan dengan pelakukan penempatan sesuai dengan proses produksi

2. Jenis produksi yang digunakan oleh perusahaan diantaranya terus menerus atau terputus – putus

3. Pengembangan Produksi mempunyai kegunaan yang lebih tinggi dan lebih disukai konsumen

4. Linier programing merupakan salah satu cara atau metode untuk menentukan kombinasi produksi yang paling optimal

5. Biaya variabel bersifat berubah-ubah dan tergantung volume produksi

6. Tujuan Pelaksanaan Layout adalah untuk mendapatkan kombinasi yang paling optimal antara fasilitas-fasiltas produksi

7. Pola Produksi dilakukan dengan penentuan bagaimana kebijakan perusahaan untuk melayani penjualan

8. Luas Produksi Adalah jumlah atau volume output yang seharusnya diproduksi oleh suatu perusahaan dalam suatu periode.

9. Forecasting dilakukan untuk memperoleh prediksi terhadap sesuatu

10. Biaya variable diantaranya biaya progresif, proporsial and regresif.

Konsep Keuangan

1. Emisi Obligasi Sebagai Alternatif Pendanaan

2. Nilai uang ( Value money ) berdasar pada nilain uang pada suatu saat tertentu

3. harga obligasi dinyatakan dalam persentase (%)

4. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS.

5. Menerbitkan saham merupakan salah satu pilihan perusahaan ketika memutuskan untuk pendanaan perusahaan

6. Instrumen Bursa efek diantaranya saham, obligasi dan reksadana

7. Penetapan harga saham dilakukan pada saat go public

8. Kebijakan Deviden berpengaruh terhadap nilai perusahaan

9. Dalam neraca aktiva dan pasiva harus seimbang

10. Jurnal umum menempatkan akun debit dan kredit dengan jumlah yang sama

Konsep Sistem Informasi Manajemen :

1. ES bisa dibagi dalam dua bagian: lingkungan pengembangan (development

environment) dan lingkungan konsultasi (consultation environment).

2. Tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama, tapi suatu susunan dasar adalah :Input, Transformasi, Output, Mekanisme Kontrol, Tujuan

3. Sistem Lingkaran Terbuka merupakan penerapan dari sistem yang tidak mempunyai elemen mekanisme kontrol, dan tujuan

4. Sistem Informasi menggunakan Teknologi berbasis IT

5. SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi keuangan

6. SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi

7. Sistem yang digunakan adalah menolah input, proses dan output

8. Output Sistem Informasi dapat dilhasilkan dengan digitalisasi computer

9. Basis pengetahuan mengandung pengetahuan yang diperlukan untuk memahami, memformulasikan, dan memecahkan masalah

10. Otak dari sistem pakar adalah mesin inferensi

Definisi/ Konstruk :

“Konsep yang secara khusus dibuat oleh ilmuan untuk menggambarkan fenomena yang dipelajari dalam disiplin ilmu tertentu.”

DEFINISI dalam PEMASARAN ( MARKETING ):

1. Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapat perhatian, penggunaan atau dikonsumsi serta dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan ( Kotlet, Bowen Makens 1996;276)

2. Prospects adalah pelanggan potensial yang mempunyai daya tarik terhadap perusahaan tetapi belum mengambil langkah untuk melakukan bisnis dengan perusahaan. (Hill 1996 ;332)

3. Produk adalah segala sesuatu yang yang bisa ditawarkan kepasar untuk digunakan oleh masyarakat guna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Bowen, Maken (1996;276)

4. MEREK adalah nama atau symbol yang bersifat membedakan (seperti sebuah logo, cap dan atau kemasan) dengan maksud mengidentifikasikan barang atau jasa dari seorang penjual atau sebuah produk tertentu, dengan demikian membedakannya dari barang-barang dan jasa yang dihasilkan pesaing ( Kotler and browen )

5. Telepon genggam atau Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line sehingga konvesional namun dapat dibawa keman-mana (portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless).

6. Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio).

7. Harga adalah sejumlah uang yang dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau jasa. ( Philip Kotler )

8. Bauran promosi adalah kombinasi Operasional menjual, orang penjualan, public relation. Promosi ini adalah alat yang membantu sebuah organisasi untuk mencapai tujuan pemasaran ( Stanton )

9. Advertising (Periklanan) Suatu promosi barang atau jasa yang sifatnya non personal dilakukan oleh sponsor yang diketahui. ( Philip Kotler )

10. Definisi Promosi penjualan adalah serangkaian teknik yang digunakaan untuk mencapai sasaran-sasaran penjualan/ pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu. ( institute of sales promotion in England )

DEFINISI dalam MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

1. Rekrutmen adalah Proses pencarian atau mengundang calon-calon tenaga kerja yang mempunyai kemampuan sesuai dengan rencana dan kebutuhan organisasi di waktu tertentu, untuk melamar kerja

2. Pengadaan ( procurement ) adalah merupakan fungsi operasional yang utama dari MSDM. Pengadaan tenaga-kerja ini merupakan masalah yang penting, sulit, & kompleks karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi serta efektif tidaklah semudah membeli & menempatkan mesin

3. perekrutan itu adalah suatu proses pencarian & pemikatan para calon tenaga kerja/pegawai yang mampu bekerja di dalam organisasi (Edwin B. Flippo )

4. Kerja adalah merupakan sejumlah aktivitas fisik dan mental yang dilakukan

seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan

5. Buruh/kuli adalah seseorang pekerja harian atau honorer yang bekerja dibawah perintah orang lain dan menerima balas jasa yang besarnya itu telah ditentukan.

6. Karyawan/pegawai adalah seseorang pekerja tetap yang bekerja dibawah perintah orang lain dan mendapat kompensasi serta jaminan.

7. Pelatihan merupakan proses membantu para tenaga kerja untuk memperoleh efektivitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan dating melalui pengembangan kebiasaan tentang pikiran, tindakan, kecakapan, pengetahuan, dan sikap yang layak. ( Dale Yolder )

8. Kompensasi adalah faktor penting yang mempengaruhi bagaimana dan mengapa orang-orang bekerja pada suatu organisasi dan bukan pada organisasi lainnya. Pengusaha harus cukup kompetitif dengan beberapa jenis kompensasi untuk memeperkerjakan, memperhatikan dan memberi imbalan terhadap kinerja setiap individu di dalam organisasi.

9. Achievement motivation, yaitu suatu keinginan untuk mengatasi/ mengalahkan suatu tantangan, untuk kemajuan, dan pertumbuhan

10. Motivasi secara umum didefinisikan sebagai inisiasi dan pengarahan tingkah laku dan pelajaran motivasi sebenarnya merupakan pelajaran tingkah laku (Merle J. Moskowits)

Definisi Manajemen Keuangan :

1. Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). ( Bursa Efek Indonesia )

2. Obligasi merupakan surat utang jangka menengah-panjang yang dapat dipindahtangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut

3. Laba atau keuntungan dapat didefinisikan dengan dua cara. Laba dalam ilmu ekonomi murni didefinisikan sebagai peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut (termasuk di dalamnya, biaya kesempatan). Sementara itu, laba dalam akuntansi didefinisikan sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya produksi. Perbedaan diantara keduanya adalah dalam hal pendefinisian biaya.

4. Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. ( Bursa Efek Indonesia )

5. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Pengertian lain adalah kemampuan seseorang atau perusahaan untuk memenuhi kewajiban atau utang yang segera harus dibayar dengan harta lancarnya

6. Biaya adalah semua pengorbanan yang perlu dilakukan untuk suatu proses produksi, yang dinyatakan dengan satuan uang menurut harga pasar yang berlaku, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Biaya terbagi menjadi dua, yaitu biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang

7. inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat atau adanya ketidak lancaran distribusi barang

8. Neraca adalah bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aktiva, kewajiban, dan modal

9. Kewajiban adalah segala sesuatu yang wajib/harus kita lakukan, diatur dalam undang-undang suatu negara.

10. Return on Asset (ROA) adalah rasio yang mengukur kemampuan dari modal yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk menghasilkan keuntungan bagi pemilik perusahaan

DEFINISI dalam MANAJEMEN OPERASI

1. Peramalan ( Forecasting ) adalah metode untuk memperkirakan nilai dimasa depan untuk menggunakan data dimasa lalu. Peramalan merupakan fungsi bisnis yang berusaha memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk – produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat (Gasperz 2002;71).

2. Fungsi (sistem) operasi adalah bagian dari organisasi yang ada terutama untuk membuat dan menghasilkan produk perusahaan, barang maupun jasa.

3. Perencanaan Layout adalah perencanaan dari kombinasi yang optimal antara fasilitas produksi serta semua peralatan dan fasilitas terlaksananya proses produksi.

4. Luas Produksi adalah kapasitas yang digunakan oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dapat diukur dengan kapasitas mesin, penyerapan bahan baku, jumlah tenaga kerja, jumlah jam kerja, jumlah jam mesin dan unit keluaran

5. Bill of Material adalah daftar dari seluruh bahan baku, bahan lain, onderdil dan komponen untuk memproduksi dalam perusahaan.

6. Luas Perusahaan adalah kapasitas yang tersedia atau terpasang dalam suatu perusahaan.

7. Manajemen Produksi merupakan proses kegiatan untuk mengadakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dari produksi dan proses produksi.

8. Pengembangan Produksi Adalah penelitian terhadap produk yang telah ada untuk dikembangkan lebih lanjut agar mempunyai kegunaan yang lebih tinggi dan lebih disukai konsumen.

9. Liniear Programming Adalah salah satu cara atau metode untuk menentukan kombinasi produksi yang paling optimal. Problem yang dapat diselesaikan terbatas pada problem yang mempunyai batasan liniear, serta mempunyai fungsi yang lancar.

10. Proses layout Adalah kesamaan proses atau kesamaan pekerjaan yan mempunyai fungsi yang sama dikelompokkan dan ditempatkan dalam ruang tertentu.

TEORI :

Teori adalah himpunan konsep/ konstruk dan variable, asumsi, definisi, serta proposisi yang telah teruji secara empirik.

Teori Dalam Pemasaran ( marketing ):

1. Kegiatan Promosi baik melalui iklan, televise secara intensif, merubah persepsi konsumen dan meningkatkan frekuensi penjualan.

2. Penggunaan Blue Ocean Strategy yaitu database marketing, word of mouth dan teknik lainnya menekan biaya promosi dan menambah laba perusahaan.

3. Perubahan strategy Promosi dalam Marketing menjadi Internet menurunkan perhatian konsumen terhadap iklan baik di televisi maupun Koran sehingga merubah perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.

4. Harga yang tinggi menyebabkan penjualan produk yang ditawarkan menurun, karena harga merupakan kisaran nilai terhadap suatu barang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan barang tersebut. Sehingga jika harga naik maka permintaan menurun yang menyebabkan penjualan menurun.

5. Penggunaan teknologi yang tinggi dalam Marketing menyebabkan Harga brang yang ditawarkan menjadi tinggi.

Teori Dalam Keuangan ( Finance ) :

1. Fluktuasi harga saham dan resiko dan spekulatif yang tinggi menjadikan saham tidak menajdi salah satu jenis investasi yang dipilih masyarakat.

2. Tingkat bunga tabungan tinggi di Bank menyebabkan jumlah investasi saham menurun karena masyarakat cenderung menginvestasikan kepada simpanan yang pasti dan dijamin.

Teori Dalam Manajemen Operasi :

1. lokasi sumber bahan baku yang jauh menyebabkan biaya Transportasi meningkat sehingga mengurangi laba yang di dapat oleh suatu perusahaan karena meningkatnya biaya produksi

2. Kurangnya Kapasitas dalam produksi menyebabkan penumpukan bahan material sehingga mengakibatkan biaya produksi meningkat yang berpengaruh pada harga barang yang tinggi.

Teori Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia :

1. Kondisi kerja yang kurang harmonis mengakibatkan strees kerja meningkat sehingga hasil kerja tidak optimal.

2. Peningkatan Kompensasi baik melalui insentif dan tunjangan akan meningkatkan motivasi kerja pegawai

Teori Dalam Sistem Informasi Manajemen :

1. Penggunaan Sistem Informasi manajemen berbasis IT menyebabkan biaya operasional meningkat.

2. Input Sistem yang komprehensif akan menghasilkan output yang valid dan mempermudah pihak berkepentingan untuk mengambil keputusan.

MASALAH YANG DIPILIH Dan Judul Skripsi yang diajukan :

FINANCE

1. “ Strategy Activity Based Costing tidak menekan biaya dan meningkatkan laba perusahaan ”

Variabel nya adalah : tingkat biaya produksi dan tingkat laba

Judul : “ Analisis Pengaruh Activity Based Costing ( ABC ) terhadap tingkat biaya dan Peningkatan Laba Perusahaan

MARKETING

2. “Media Promosi berbasis internet meminimumkan pendapatan

Variabelnya adalah : frekuensi promosi dan tingkat pendapatan

Judul : “ Pengaruh Internet sebagai media promosi terhadap tingkat Pendapatan Perusahaan

1 komentar:

  1. nice posting...sangat informatif banget mas.....thanks for the share
    numpang berbagi info menarik neh boleh yah :D

    English Tutors Urgently Required!!!

    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
    English Tutors

    Qualifications:
    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:

    a. Batam 0778-460785
    b. Pekanbaru 0761-7641321
    c. Balikpapan 0542-737537
    d. Palembang 0711-350788
    e. Samarinda 0541-273163
    f. Denpasar 0361-422335
    g. Makassar 0411-451510
    h. Semarang 024-3562949
    i. Bandung 022-76660044
    j. Banjarmasin 0511-7069699

    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruitment@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

    BalasHapus